dampak polusi udara terhadap kesehatan

| Rabu, 15 Mei 2013
DAMPAK POLUSI UDARA TERHADAP KESEHATAN

    1. Particulate Matter (PM)Penelitian epidemiologis pada manusia dan model pada hewan menunjukan PM10(termasuk di dalamnya partikulat yang berasal dari diesel/DEP) memiliki potensi besar merusak jaringan tubuh dan dampak besar  lagi dalam jangka panjang juga dapat memicu terbentuknya kanker (paru ataupun leukemia)dan kematian pada janin.

      2. Belerang dioksida (SO2)Gas jernih tak berwarna ini merupakan bagian dari pencemaran udara. akibat pembakaran zat-zat yang mengandung belerang seperti minyakbumi dan batubara. Inilah yang membahayakan kesehatan .

      3. Karbon monokdisa (CO)Karbon monoksida dibuat manusia karena pembakaran bensin tidak sempurna dalamkendaraan. Pembakaraan di perindustrian, pembangkit listrik, pemanas rumah. pembakaran dipertanian, dan sebagainya gas ini tidak berwarna atau berbau, tetapi amat berbahaya. Kadar 10bpj CO dalam udara dapat menyebabkan manusia sakit, pengaruh CO serupa denganpengaruh kekurangan oksigen. Keracunan gas karbon monoksida dapat ditandai dari keadaanringan, berupa pusing, rasa tidak enak pada mata, sakit kepala, dan mual. Keadaan yang lebihberat dapat berupa detak jantung meningkat, rasa tertekan di dada, kesukaran bernafas,kelemahan otot-otot, gangguan pada sistem kardiovaskuler, serangan jantung sampai padakematian.

     4. Nitrogen oksida (NO, N2O, NO2)
Jika NO2 bertemu dengan uap air di udara atau dalam tubuh manusia akan terbentuk segera HNO3 yang amat merusak tubuh, karenaitulah NO2 akan terasa pedih jika mengenai mata, hidung, saluran nafas, dan jantung.Konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kematian







 5.  Hidrokarbon
      
 penyakit infeksi baru yang timbul akibat perubahan iklim, diantaranya ebola, flu burung, penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia.Penyakit yang paling rentan terjadi di Indonesia, adalah penyakit degeneratif dan penyakitmenular. Hal ini dapat dengan cepat berkembang pada masyarakat yang kondisi gizi kurangbaik dan kondisi kesehatan lingkungan yang kurang memadai.

8. Timbal (Pb)Di atmosfer di kota -kota aerosol timbal merupakan pencemar yang telah dikenal.Pencemar ini dihasilkan oleh pembakaran batubara, pabrik-pabrik, penyemprotan pestisida,pembakaran sampah, dan pembakaran bensin. Untuk memperoleh bensin dengan oktan tinggi,mak bensin diberi senyawa timbal tetra etil dan timbal tetra metil. Timbal dan senyawanyamempengaruhi sistem pusat syaraf. Ciri-ciri kerana timbal ialah pusing kehilangan selera, sakitkepala, anemia, sukar tidur, lemah dan keguguran. Keracunan timbal yang akut adalah pingsandan mati.

9. Fluor dan AsbesFluorida adalah senyawa racun jika dalam jumlah besar di udara dalam bentuk gas atau padatan. Tanaman yang menderita karena senyawa fluor akan menghasilkan buah yang kecil- kecil dan mengalami keterlambatan panen. Asbes dipakai untuk keperluan rumah tangga. Asbes di buat dari senyawamagnesium hidrat. Asbes digunakan untuk atap, ubin, isolator listrik,rem kenderaan, dan sebagainya. Asbes yang terbawa pernafasan akan berkumpul di dalamparu -paru dan menyebabkan gangguan, sampai tumor dan kanker. Pernah ada laranganpenggunaan asbes untuk pembangunan rumah karena asbes yang telah tua mulai rapuh danmembahayakan kesehatan.

10. NOx dan SOxNOx dan SOx merupakan co-pollutants yang juga cukup penting. Terbentuk salahsatunya dari pembakaran yang kurang sempurna bahan bakar fosil. Penelitian epidemologimenunjukan pajanan NO2,SO2 dan CO meningkatkan kematian/mortalitas akibat penyakitkardio-pulmoner (jantung dan paru) serta meningkatkan angka perawatan rumah sakit akibatpenyakit-penyakit tersebut.




11. Hujan AsamDampak deposisi asam terhadap kesehatan telah banyak diteliti, namun belum adayang nyata berhubungan langsung dengan pencemaran udara khususnya oleh senyawa Noxdan SO2. Kesulitan yang dihadapi dkarenakan banyaknya faktor yang mempengaruhikesehatan seseorang, termasuk faktor kepekaan seseorang terhadap pencemaran yang terjadi.

12. KhlorinGas Khlorin ( Cl2) adalah gas berwarna hijau dengan bau sangat menyengat. Selain bau yang menyengat gas khlorin dapat menyebabkan iritasi pada mata saluranpernafasan. Apabila gas khlorin masuk dalam jaringan paru-paru dan bereaksi dengan ion hidrogen akan dapat membentuk asam khlorida yang bersifat sangat korosif dan menyebabkaniritasi dan peradangan.

13. Partikel Debu
Partikulat debu melayang (Suspended Particulate Matter/SPM) merupakan campuranyang sangat rumit dari berbagai senyawa organik dan anorganik yang terbesar di udara dengandiameter yang sangat kecil, Dampak partikel debu terhadap kesehatan dapat mengganggusaluran pernafasan bagian atas dan menyebabkan iritasi. Selain dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan, partikel debu juga dapat mengganggu daya tembus pandang mata dan juga mengadakan berbagai reaksi kimia di udara.

14. Timah HitamTimah hitam ( Pb ) merupakan logam lunak yang berwarna kebiru-biruan atau abu-abukeperakan dengan titik leleh pada 327,5°C dan titik didih 1.740°C pada tekananatmosfer.Gangguan kesehatan adalah akibat bereaksinya Pb dengan gugusan sulfhidril dariprotein yang menyebabkan pengendapan protein dan menghambat pembuatan haemoglobin,Gejala keracunan akut didapati bila tertelan dalam jumlah besar yang dapat menimbulkan sakit perut muntah atau diare akut. Gejala keracunan kronis bisa menyebabkan hilang nafsu makan,konstipasi lelah sakit kepala, anemia, kelumpuhan anggota badan, Kejang dan gangguanpenglihatan.

15. OksidanOksidan (O3) merupakan senyawa di udara selain oksigen yang memiliki sifat sebagaipengoksidasi..Oksidan terdiri dari Ozon, Peroksiasetilnitrat, dan Hidrogen Peroksida Dampak   kesehatan adalah Beberapa gejala yang dapat diamati padamanusia yang diberi perlakuan kontak dengan ozon, sampai dengan kadar 0,2 ppm tidakditemukan pengaruh apapun, pada kadar 0,3 ppm mulai terjadi iritasi pada hidung dan tenggorokan. Pada kebanyakan orang, kontak dengan ozon dengan kadar 9,0 ppm selamabeberapa waktu akan mengakibatkan edema pulmonari.Pada kadar di udara ambien yang normal, peroksiasetilnitrat (PAN) dan Peroksiabenzoilnitrat(PbzN) mungkin menyebabkaniritasi mata tetapi tidak berbahaya bagi kesehatan.Peroksibenzoilnitrat (PbzN) lebih cepat menyebabkan iritasi mata.

16. Sulfur DioksidaPencemaran oleh sulfur dioksida terutama disebabkan oleh dua komponen sulfur bentukgas yang tidak berwarna, yaitu sulfur dioksida(SO2) dan Sulfur Trioksida (SO3), dan keduanyadisebut Sulfur Oksida (SOx)Sumber dan distribusi dari Sulfur Dioksida ini adalah berasal dari pembakaran arang,minyakbakar gas,kayu dan sebagainya..Pengaruh utama polutan Sox terhadap manusia adalah iritasi sistem pernafasan terutama padatenggorokan yang terjadi pada beberapa individu yang sensitif iritasi. SO2 dianggap pencemar yang berbahaya bagi kesehatan terutama terhadap orang tua dan penderita yang mengalami penyakit kronis pada sistem pernafasan kadiovaskular.

17. Asap Rokok :Partikel dan asap yang keluar dari rokok adalah campuran komplek yang terdiri dariribuan bahan kimia, termasuk carcinogens Anak-anak yang menjadi perokok pasif di dalamrumah merupakan masalah yang besar. Merokok Juga dapat menybabkan gangguan janin,impotensi, kanker paru-paru dll.



Sumber: http://dampakpolusiudara.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 MENCEGAH POLUSI UDARA